Rabu, 05 Maret 2014

Teknologi Web 2.0 (Teknologi Web Dinamis) yang melibatkan PHP dan MySQL



           Apa itu Website? Website (situs web) atau bisa juga disebut Web adalah halaman yang ditampilkan di internet yang memuat informasi tertentu (khusus). Web pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992. Hal ini sebagai hasil usaha pengembangan yang dilakukan CERN di Swiss. Internet dan web adalah dua hal yang berbeda. Internet yaitu yang dapat menampilkan web-nya, sedangkan web adalah yang ditampilkannya yang berupa susunan dari halaman-halaman yang menggunakan teknologi web dan saling berkaitan satu sama lain. web terbagi 2, yakni web statis dan web dinamis.

1) Website Statis
           Website statis adalah sebuah website dimana tampilan halamannya tidak berubah-ubah. Dapat disimpilkan bahwa website statis ini jarang di update/diperbaharui, baik isi maupun tampilannya.    Dari segi jumlah halamannya, website statis ini juga sangat terbatas halamannya. Informasi yang ada pada halamannya hanya informasi yang sudah tetap. Jadi dapat disimpulkan, website statis ini hampir sama dengan brosur. Namun yang membedakannya adalah, brosur berupa cetakan dan biasanya disebarkan, sedangkan website statis hanya dapat diakses melalui internet.
Website statis biasanya dipergunakan untuk:
  • Website company profile
  • Personal profile
  • Penawaran produk. 

2) Website Dinamis
           Website dinamis adalah kebalikan dari website statis. Website dinamis berarti halaman dan isinya pun dapat berubah– ubah. Kebanyakan website saat ini adalah website dinamis karena isinya dapat di update setiap hari.
Sebagai contohnya adalah:
  • Website-website berita
  • Blog
  • Tutorial
  • Situs social networking, dll. 





TEKNOLOGI WEB 2.0
            Gelombang Web 2.0 telah melanda dunia. Kesannya amat mendalam kepada sistem ekonomi, sosial serta politik antarabangsa. Revolusi teknologi Internet ini membuka lembaran baru mengenai cara hidup serta cara berkomunikasi masyarakat global. Ledakan globalisasi serta pasaran terbuka dilihat telah menyumbang utama kepada tranformasi yang begitu pantas ini.

            Web 2.0 bukanlah wacana terbaru dunia Internet. Ia diperkenalkan dalam  O' Reilly Media Web 2.0 Conference pada tahun 2004. Pemahaman konsep serta takrifan terhadap wadah ini masih lagi kabur pada awalnya. Dua pakar perkomputeran O'Reilly and  John Battelle telah memberi satu rumusan khusus terhadap Web 2.0 kepada umum. Mereka menerangkan dengan panjang lebar berkenaan potensi Web 2.0 kepada masyarakat serta inovasi baru pengganti generasi pertama web. Slanga Web 2.0 menjadi perbincangan hangat dan sentiasa diperdebatkan masyarakat dunia. Kini Web 2.0 memasuki era tranformasi yang begitu pantas seiring dengan perkembangan dunia ICT global. Pelbagai pembaharuan terhadap perisian, aplikasi serta kepenggunaan telah diperkenalkan sehingga kini.

            Terdapat 5 karakteristik utama Web 2.0. Yang pertama adalah pengayaan terhadap pengalaman pengguna. Seterusnya pelibatkan secara terus pengguna, kandungan yang dinamik, penggunaan metadata, dan yang terakhir kebolehanskalaan. Web 2.0 memberi pengalaman yang perbagai kepada pengguna dalam penerokaan ilmu terlandaskan minat serta memberi pengalaman baru komunikasi tanpa batasan merentasi negara dan budaya. Web 2.0 menyokong kandungan web yang dinamik iaitu data yang terdapat pada web boleh dimanipulasi oleh pengguna. Isi kandungan serta maklumat akan sentiasa berkembang. Metadata menjadi kewajiban bagi memudahkan proses mengindek serta menjejak data untuk capaian yang lebih pantas. Skala penggunaan web boleh berubah mengikut keperluan semasa serta perkhidmatan yang ditawarkan.

            Antara aplikasi yang menjadi pendokong Web 2.0 ini adalah aplikasi teknologi blog, wiki, podcast, serta rangkaian sosial. Keempat inovasi ini berkembang dengan pesat dan mendapat sambutan hangat dari komuniti Internet. Kebanjiran pelbagai produk web generasi kedua ini menuntut persaingan pesat dan limpahan ekonomi yang bernilai trilion ringgit. Teknologi ini berkembang pesat seiring dengan keperluan generasi yang lebih moden, bebas serta lebih terbuka pemikiran serta gaya hidupnya. Web 2.0 dapat memperkembangkan kreativiti manusia, mempelbagaikan cara komunikasi, pemperbesar dan memperluas hubungan sosial, mempertingkatkan keselamatan dalam proses perkongsian maklumat serta menggalakan kolaboratif dalam pembelajaran. Potensinya amat besar dan bermanfaat kepada pengguna Internet.



A. PHP
         Apa sih yang dinamakan php itu? Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya atau mungkin ada juga yang sudah mahir  dengan PHP itu sendiri.
         PHP merupakan singkatan dari ” Hypertext Preprocessor”, PHP adalah sebuah bahasa scripting atau sering disebut bahasa pemrograman yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaksnya  mirip dengan bahasa pemrograman  C, Java, asp dan Perl,  ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik dan mudah dimengerti.
           
       Sejarah PHP,  awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (situs personal) dan PHP itu sendiri pertama kali di buat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, dan pada saat PHP masih bernama FI (Form Interpreter), yang wujudnya berupa sekumpulan sript yng digunakan untuk mengolah data form dari web dan selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP.

Apa saja kegunaan PHP?
         Kegunaan dari PHP adalah untuk membuat tampilan web menjadi lebih dinamis, dengan php kita bisa menampilkan atau menjalankan beberapa file dalam 1 file dengan cara di include atau require, dan php itu sendiri sudah bisa beriteraksi dengan beberapa  database walaupun dengan kelengkapan yang berbeda,  yaitu seperti :
  • DBM,
  • FilePro (Personic, Inc),
  • Informix,
  • Ingres,
  • InterBase,
  • Microsoft Access,
  • MSSQL,
  • MySQL,
  • Oracle
  • PostgrSQL,
  • Sybase.

Bagaimana Cara Kerja PHP?
Cara keja PHP seperti gambar berikut :


        Dalam cara kerja PHP, yaitu pertama client web browser atau pengguna memakai komputer kemudian pengguna tersebut menjalankan file PHP itu di web browser atau yang biasa di sebut Browser saja dan kemudian File PHP itu di kirim ke web server, Web server mengirimkannya lagi ke  Engine PHP  atau mesin PHP dan di dalam mesin PHP itu diproses dan setelah diproses oleh mesin PHP maka akan berbentuk file HTML, dan file HTML ini akan di kirimkan ke web server dan web server akan memberikan ke pengguna Software-software yang  digunakan software -software yang digunakan dalam menjalakan PHP ini yaitu TexEditor, Web Browser, Web Server, Software PHP dan Database

-       Untuk TextEditor kita bisa memakai notepad bawaannya Windows atau tidak kita bisa juga menggunakan notepad++, TSPad, Dreamweaver atau yang lainny

  • Untuk Web Browser kita bisa menggunaka IE (Internet Explorer)  atau Mozila Firefox atau yang lainnya
  • Untuk Web Server Bagusnya kita memakai Apache 
  • Untuk Software PHP sendiri kita bisa download di situs resminya di php.net 
  • Dan untuk Databasenya kita bisa menggunakan MySQL kunjungi situs resminya di mysql.com





B. MySQL
           
       MySQL adalah sebuah server database open source yang terkenal yang digunakan berbagai aplikasi terutama untuk server atau membuat WEB. Mysql berfungsi sebagai SQL (Structured Query Language) yang dimiliki sendiri dan sudah diperluas oleh Mysql umumnya digunakan bersamaan dengan PHP untuk membuat aplikasi server yang dinamis dan powerfull.
     MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL(Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
  1. Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
  2. Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
  3. Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
  4. Performance tuning’, MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
  5. Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
  6. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
  7. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
  8. Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
  9. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
  10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
  11. Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
  12. Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
  13. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

1 komentar:

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Posting Komentar

All About Naruto © 2008 Template by:
SkinCorner